Apakah Nokia Asha Akan Mengalahkan Nokia Lumia?

12:18 pm Berita

nokia asha

Di awal pekan ini, Nokia telah mengumumkan laporan keuangan sementara untuk kuartal keempat tahun 2012, yang intinya mengatakan kepada investor untuk lebih mempersiapkan agar tercapai hasil sesuai dengan harapan. Hasil ini tentu berbanding terbalik dengan kinerja yang kuat dari pihak Nokia dan divisi layanan umum dan penjualan Lumia yang berkembang secara khusus.

Tapi ada satu pemain kunci di uptick Q4 Nokia. Adalah seri Asha yang mengambil pasar menengah kebawah dan merupakan seri smartphone multitouch.

Berdasarkan pengumuman dari Nokia, pengiriman Smartphone Asha ini mencapai 9,3 juta unit pada kuartal keempat (dengan catatan tidak termasuk pengiriman fitur ponsel asha). Hal ini berarti dua kali lipat dari penjualan Lumia yang “hanya” 4,4 juta unit pada periode yang sama. Dan untuk anda ketahui, penjualan Asha juga naik hampir 50% dari kuartal sebelumnya yang mencapai 6,5 juta unit.

Pertumbuhan pasar Asha cukup signifikan, dan menunjukkan bahwa pasar smartphone Asha sudah mendapatkan traksi yang baik di pasar negara berkembang.

Dan itu bisa menjadi catatan penting bagi nokia. Pada seri Lumia, perusahaan mengalami kesulitan untuk merebut pangsa pasar konsumen smartphone kelas atas.

Tapi pada seri Asha, yang memiliki fungsi terbatas dan memiliki sistem oerasi seri 40, yang nyaris bisa dikatakan smartphone, ternyata bisa diandalkan untuk meraih pangsa pasar dinegara berkembang yang selama ini didominasi oleh Google Android dan RIM dengan Blackberry nya.

Beberapa negara seperti China tampaknya masyarakatnya sudah banyak yang menggandrungi Android, sedangkan untuk Indonesia didominasi oleh Blackberry. Asha sangat menarik bagi Nokia karena Nokia juga memiliki pangsa pasar yang sangat kuat dan menggandrungi sistem OS Symbian seperti India, Eropa TImur, Afrika, dan Amerika Latin. Bahkan nokia juga memiliki kesempatan untuk bersaing memperebutkan pasar android.

Jadi penjualan Nokia Asha bisa sebagai ladang basah untuk mendongkrak pendapatan membantu penjualan Lumia. Kata “bisa” merupakan kata kuncinya disini. Masih belum jelas benar, apakah Nokia benar-benar bisa mempertahankannya atau tidak.

Pertumbuhan penjualan Asha dari kuartal 3 ke kuartal 4 memang menakjubkan, tapi pada kuartal pertama tercatat hanya sedikit penjualannya. Jadi masih terlalu dini untuk menyatakan kemenangan Nokia terhadap para pesaingnya terutama Android untuk memperebutkan pasar di negara berkembang.

Leave a Comment

Your comment

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.